Renovasi Rumah: Merancang Rumah Tinggal di Lahan Segi 9 Alias Lahan Tak Beraturan

Tanah Anda bentuknya tidak karuan? Orang biasanya menyebutnya sebagai lahan tidak beraturan. Artinya, bukan empat persegi panjang atau pun bujur sangkar. Masih lumayan kalau lahannya punya empat sudut. Bagaimana kalau segi 5 atau 6? Inilah yang dialami kedua rekan kita. Tanahnya segi 9!

Awalnya, Dimas dan Venny mempunyai rumah di atas lahan 82 m2 (6×13,67m) dengan bangunan standard 36m2 (6×6). Kemudian karena ada peluang, mereka membeli tanah di belakang rumah yang bentuknya lumayan tidak beraturan luasnya 80m2. Seberapa tidak beraturannya? Lihat denah berikut.

denah1

Jadi total tanahnya 162m2. Tanahnya segi 9! Rumah itu diniatkan akan direnovasi untuk memenuhi kebutuhan berikut: 1 kamar tidur utama, 2 kamar anak, dapur, ruang makan, ruang keluarga. Kalau bisa ada 1 kolam renang kecil. Bangunan satu lantai supaya budgetnya minimal.

Kesulitan terbesarnya adalah bagaimana memanfaatkan secara optimal lahan yang tidak beraturan itu. Dalam gambar berikut saya tunjukkan saran layout yang saya buat.

denah2

Gambar lebih jelas dapat di lihat gallery saya (klik di sini) Konsep dasar yang saya tawarkan adalah rumah dengan ruang terbuka. Dengan konsep ini dapat diupayakan agar semua kamar/ruang mendapat sirkulasi udara yang sehat.

Lahan depan (rumah asli) sebagian besar dimanfaatkan untuk public area dan bagian dalam (lahan yang tidak beraturan) untuk private area.

Di bagian muka di buat ruang tamu, dapur, kamar pembantu, area servis dan ruang hijau. Ruang hijau dapat diakses baik dari kamar tamu, kmr tidur anak 2 maupun ruang makan. Transisi dari bagian muka ke bagian dalam dibuat dengan lantai kayu. Maksudnya untuk menghindari kebosanan dan menimbulkan kesan artistik.

Tata letak bagian dalam mengikuti bentuk lahan yang tidak beraturan. Tentu saja tanpa sedikitpun mengurangi fungsi yang diinginkan. Baik bentuk maupun luasannya. Di bagian dalam itu terdapat ruang tidur utama, ruang tidur anak 1, 2 kmr mandi, ruang keluarga. Bahkan taman dan kolam renang kecil!

Perhatikanlah bahwa semua ruang di rumah itu mendapatkan sirkulasi udara yang baik lho. Saya memang belum tahu tahu persis, kolam renang seperti apa yang diinginkan Dimas dan Venny. Apakah hanya untuk orang tertentu (mis. Keluarga inti), kolam untuk berendam saja semacam jacuzzi? Sementara ini kesan yang muncul, posisi kolam mungkin agak dipaksakan. Tentu saja desain ini perlu dilihat ulang apakah sudah memenuhi kebutuhan.

Perhatikan juga bahwa ruang tidur utama cukup luas, sehingga selain tempat tidur penghuni masih bisa meletakkan sofa kecil. Yang bisa juga diubah fungsinya sebagai kamar kerja. Ruang untuk berdandan/lemari pakaian yang luas. Serta kamar mandi shower.

Saya ingin memberi masukan baik dari aspek arsitektur maupun struktur, bila layout itu akan dipakai. Rumah itu akan tampil artistik dan anggun bila, atap bagian belakang lebih tinggi daripada bagian depan. Selain menampilkan kesan artistik, perbedaan ketinggian atap depan dan belakang, akan dapat dimanfaatkan sebagai ventilasi udara dan sinar matahari, sehingga ruang keluarga tidak menjadi gelap (lihat tip 28 tentang lighting). Konsekuensinya dinding rumah di bagian dalam tentu lebih tinggi. Dinding yang tinggi ini akan menciptakan efek ruang terasa lebih luas.

Yang harus sungguh diperhatikan adalah desain struktur atap nantinya. Perhitungan harus dibuat cermat, jangan sampai ada kebocoran akibat kesalahan menghitung struktur. Sambungan antara atap muka dan belakang juga harus diperhatikan untuk menghindari tampias.

Kelemahan dari layout di atas adalah soal keamanan carport. Jarak antara carport dan ruang dalam lumayan jauh, sekitar 12m. Sebenarnya kalau lingkungan tempat tinggal cukup aman bukan masalah. Tetapi kalau di daerah itu cukup rawan, posisi carport mungkin menghawatirkan.

Solusinya adalah membuat bagian muka menjadi 2 lantai. Servis area dan kamar pembantu di lantai 2. Dan garasi mobil di tarik lebih ke dalam. Semoga keinginan keluarga Venny segera dapat terwujud, dan kita semua dapat melihat hasilnya.

Sumber : Anna Hape Desain Desain Interior dan Desain Arsitektur

Posted by Infolahta Ditziad

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: