Sekilas tentang Rencana Pembangunan Jembatan Selat Sunda

Selat Sunda yang menghubungkan antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera sangat strategis sekali posisinya sebagai lalu lintas perdagangan yang menopang bidang ekonomi negara kita. Sekarang ini satu-satunya alat peneberangan yang bisa dignakan hanya dengan kapal fery. Apakah tidak terpikirkan oleh kita bagaimana tingkat kepadatan yang akan ditimbulkan di masa yang akan datang ? Ambil contoh yang sudah menjadi problem selama ini disaat mudik lebaran/hari raya dan tahun baru, dimana antrean kendaraan sampai berpuluh kilometer. Bayangkan kalau kendaraan kargo yang membawa bahan-bahan mentah yang tidak tahan lama/mudah rusak ???  Rugi kan……  Belum lagi rugi waktu …..

Rencana Jembatan Selat SundaDalam kesempatan ini, saya akan mengupas sedikit tentang rencana pembangunan jembatan selat sunda yang saya kumpulkan dari beberapa referensi. Seperti kita ketahui bersama, banyak kendala yang akan dihadapi seperti : keterbatasan pengetahuan tentang kondisi selat, ketersediaan teknologi, ketersediaan biaya dan ketersediaan sumber daya manusia.  Namun semua itu pasti ada jalan keluarnya bila kita mempunyai semangat dan niat yang tulus untuk membangun bangsa kita ke arah yang lebih baik dan berpihak kepada kepentingan umum.

Teknis.

Jembatan selat sundaJembatan Selat Sunda ini mempunyai panjang total 29 Km, Lebar 60 M, 2 x 3 lajur jalan mobil, double track kereta api di tengah, 2 x 1 jalur motor, lokasi 50 KM dari Gunung Krakatau dan didesain tahan gempa serta tsunami, melintasi 3 pulau yaitu P. Prajurit, P. Sangiang dan P. Ular, terdiri dari 2 jembatan gantung berbentang ultra panjang yaitu 3,5 KM dan 7 KM serta 3 jembatan konvensional berbentang 6  -7,5 KM.

Biaya dan waktu (estimasi)

Biaya studi dan jasa engineering USD 190 juta atau Rp. 1,8 Triliun. Biaya konstruksi USD 9.810 juta atau Rp. 90,2 Triliun. Total USD 10 Miliar. Waktu pelaksanaan konstruksi 6 – 10 Tahun. Hasil Kajian Jalur 1 dan Jalur 2. Lihat gambar. Kajian Jalur

Adapun penampang melintang jembatan :

Penampang melintang jembatan

 Potongan Geologi Selat Sunda.

Potongan geologi selat sunda

Kondisi Tanah Selat Sunda.

Kondisi tanah selat sunda

Pengjian dasar laut menggunakan Roson dan CPTu 4 km dari pantai barat Banten.

Roson

Konstruksi Pondasi Pilar.

Pondasi Pilar

Konstruksi Girder dan Lantai.

Konstruksi Girder dan Lantai

Demikianlah sekilas tentang rencana pembangunan jembatan Selat Sunda. Semoga bermanfaat.

Posted By Kolonel Czi Zainal Arifin, S.IP    (Irditziad)

Iklan

10 Tanggapan to “Sekilas tentang Rencana Pembangunan Jembatan Selat Sunda”

  1. febray wm city Says:

    ayo indonesia….
    kita bisa…

    aku juga ingin menjdi bagian dari itu semua , aku akan turut serta dalam pembangunann
    ayo saudara ku semua , semua akan sukses bila seluruh anak indonesia ambbil bagian

  2. luar biasa lah, sudah dibangun saja,
    agar indonesia semakin indah,

    yang terpenting, uang yang berputar untuk jembatan itu dipergunakan untuk sebesar2 kemakmuran rakyat, bukan untuk kepentingan kapitalisme

    hanya saja, kenapa lajurnya harus 3 x 3, keretanya harus double track….

    kalau lajurnya 2 x 1 saja, dan keretanya single track kan lebih murah biaya pembangunannya

    • Adhie AirGading BTA Says:

      Ya kalo single track malah jd kacau bro… perlu antri lama menuju Lampung dan sebaliknya ke JKT…

      Memang bener harus dibuat double track…

  3. kami dari anak2 gpk mengatakan semoga jembatan selat sunda segere di bangun agar indonesia memiliki nama di mata dunia bahwa kita mampu dalam membangun fsilitas umum yang megah dan bisa menambah perekonomian negara. dan kalo bisa anak indonesia yg jadi arsitektur dalam pembangunan jempatan tersebut……

    HIDUP INDONESIA …….
    SEMOGA SUKSES…..PEMBANGUNANNYA

  4. m solihin Says:

    harus diwujudkan demi pemerataan ekonomi
    sedikit usul…gimana kalau dibuat semacam rest area di pulau-pulau yang dilewati jembatan tersebut

  5. gue doain sukse..cepet di bangun ya!! gue pengen lihat bangsa kita punya sesuatu yang bisa dibilang “hebat” oleh dunia. Gbu

  6. bila jadi hanya satu kata hebat dan pintar

  7. Muhammad Faris El Fatah Says:

    Amazing…
    This is The Real indonesia.

    I Love U full

  8. Good…
    gw sangat dukung pembangunan jembatan ini. gw yakin pasti ga rugi. 2 pulau di hubungkan itu akan sangat indah ( u pariwisata ) dan pastinya Indonesia ga kalah dgn negara lain..khususnya Malaysia.

  9. Alhamdulillah smoga cpt terealisasi….. biar kami dapt melewati betapa indahnya jembatan selat sunda yg menjadi terpanjang ke 2 di dunia ini, hanya satu kata “HEBAT INDONESIA KU”..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: