Peran Robot dalam Kekuatan Militer Amerika di Tahun 2020

robotAda sebuah artikel menarik di Washington University di St Louis situs tentang peningkatan penggunaan robotics dalam operasi militer. Beberapa peneliti universitas dan Smart dicatat bahwa militer mengharapkan agar robot diimplementasikan sebagai kekuatan sampai 30% di tahun 2020 oleh militer. Dengan peningkatan penyebaran yang tak udara kendaraan (UAV), robot mencari IED dan perangkat pengawasan robot,  dengan ini tampaknya tujuan penciptaan robot akan segera tercapai. Dengan memperhatikan hal itu mungkin waktu untuk yang akan mempertanyakan militer robot dapat digunakan untuk fasilitas keamanan dari radiasi kimia?

teknologi robotMenurut artikel yang ini generasi robot perangkat disebarkan dengan militer AS memanfaatkan beberapa tingkat teleoperation; yang jauh manusia menggunakan perangkat komunikasi untuk mengontrol operasi dari robot. Dpt diramalkan untuk masa depan robot perangkat militer dan keamanan layanan mereka akan memiliki fungsi utama jauh oleh dengan pengendali manusia. Pada umumnya peningkatan penggunaannya diarahkan sebagai robot penolong atau kontrol dari perangkat dan layanan.

roboticSekarang ini, kebanyakan robot digunakan sebagai pengganti peran manusia khususnya yang sangat besar resikonya terutama dalam penjinakan BOM/EID. Robot pendeteksi bom inilah yang digunakan untuk mendeteksi dan menjinakkan bahan yang disinyalir bom atau EID tersebut.  Ada juga yang didesain untuk mendeteksi bahan-bahan kimia. Dengan kontrol monitor kimia dapat mendeteksi bahan kimia.

robot with weaponYang menjadi salah satu hal kontroversial dalam teknologi robot sekarang ini adalah digunakannya robot sebagai mesin tempur dalam kegiatan militer. Walaupun telah menggunakan teleoperasional kontrol, hal yang diluar kontrol bisa saja terjadi.  

military robot 1

Seperti yang dilansir oleh militer israel pada saat perang melawan Hisbullah di Lebanon,  Israel menggunakan UGVs untuk mengetahui posisi dan kedudukan musuh. Termasuk juga menghancurkan ranjau-ranjau yang ditebar di daerah perbatasan. mine clearing

predator-civilian

Pesawat predator tanpa awak yang dilengkapi teknologi survey. 

Sedikit gambaran robot yang dilengkapi senjata otomatis yang akan digunakan pada perang di masa depan.

  

talon-robot

land robot gladiator armed lgrobotexrobot sherpa Nah bagaimana dengan TNI,  khususnya prajuri ZENI ? Bagaimana ya dunia di masa yang akan datang ?????  terutama teknologi militer menggunakan robot.

Disarikan dari berbagai sumber oleh PendawaLima.com

Iklan

2 Tanggapan to “Peran Robot dalam Kekuatan Militer Amerika di Tahun 2020”

  1. Teknologi militer semakin maju dan canggih. Robot di masa depan menjadi salah satu pilihan yang utama bagi militer untuk menghancurkan musuhnya.

  2. hendriyawan_ST Says:

    dephan sebaiknya berikan kesempatan untuk bekerja sama dengan para peneliti universitas yang berpengalaman pada robotika yang dibuka secara umum dan luas (riset terbuka) sehingga diperoleh hasil yang cepat dan sempurna. kami siap membantu (universitas teknologi yogyakarta)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: