Rusia Tuduh AS Gunakan Taktik Perang Dingin Menyangkut Perisai Rudal

Rusia menuduh AS  menggunakan cara-cara gaya Perang Dingin untuk membujuk sekutu-sekutu Eropa menjadi tuan rumah perisai anti rudal di negara mereka. Washington berencana untuk memasang unsur-unsur perisai anti rudal itu di Eropa adalah bagian sebagai satu rencana yang katanya bertujuan untuk melindungi dari serangan-serangan rudal oleh negara-negara nakal.

Moskow mengatakan pihaknya yakin rencana persiai anti rudal itu adalah ancaman terhadap keamanannya. Menlu Sergei Lavrov mengemukakan pada majelis rendah parlemen bahwa AS menggunakan “politik-politik yang harus diterima ” untuk mengikat negara-negara ikut serta dalam sistem pertahanan itu.

“Ini adalah satu pendekatan lama. Ini adalah apa yang mereka lakukan di masa lalu, dalam Perang Dingin, ketika mereka menakuti siapapun dengan ancaman Sovyet dan membujuk siapapun untuk bergabung dalam satu kelompok yang disiplin,” kata Lavrov.  “Kini kita semua menghadapi satu ancaman bersama… Uni Sovyet tidak akan eksis lagi.”Bekas satelit-satelit Sovyet Polandia dan Republik Ceko sedang mempertimbangkan permintaan AS untuk menjadi pangkalan unsur-unsur perisai itu termasuk radar dan baterai-baterai rudal di negara mereka.

Para pejabat Rusia menyatakan cemas atas berita-berita bahwa Washington juga menginginkan negara bekas Sovyet, Georgia untuk menampung bagian dari perisai itu. Baik Washington maupun Tbilisi mengatakan tidak permintaan itu diajukan.

Sumber : Kapanlagi.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: