Perlindungan Bawah Tanah dari Serangan Tornado

Perlindungan dalam tanah paling dikenal luas dan mempunyai banyak keuntungan. Tempat ini mungkin merupakan gudang buah-buahan. Sehingga, bagi petani gudang mempunyai dwifungsi yaitu sebagai menyimpan hasil pertanian dan tempat berlindung disaat badai. Tempat perlidungan dibuat tidak jauh dari rumah agar mempercepat penduduk mencapai tempat perlindungan. Tipe ini juga memiliki kelemahan yaitu tidak cocok pada tempat dengan akifer rendah.

Perlindungan bawah tanah harus memiliki kemampuan menahan tekanan bumi. Tekanan bumi berubah tergantung pada kedalaman tempat, tipe tanah, dan kelembaban tanah. Minimasi tekanan perlu dilakukan yaitu dengan memasang pipa saluran sekeliling tempat perlindungan. Pipa saluran dipasang dari kaki sampai atas ke ruang terbuka atau tempat tandon air. Lapisan dinding anti air dipakai untuk menjaga kondisi ruangan tetap kering. Ventilasi yang memadai juga dipasang untuk menghilangkan gaya tekan disebabkan oleh penurunan tekanan secara tiba-tiba.

Perlindungan model Berm dibuat hampir mirip dengan tipe bawah tanah. Perbedaannya terletak pada bentuknya. Model Berm memiliki ketinggian beberapa kaki di atas tanah.

arah tornadoTempat perlindungan di atas tanah harus tahan terhadap gaya angin dan lontaran tornado. Tempat pelindungan ini memiliki beberapa keuntungan. Pertama, dapat dibuat di dalam rumah atau di luar rumah. Kedua, tempat perlindungan bisa berupa kantor, ruang tidur, ruang tamu, atau kamar mandi.

Dinding dan atap harus kuat dan kontinu mulai dari pondasi, dinding, sampai ke atap. Dinding dan atap yang kuat mampu menahan gaya angin dan lontaran tornado. Bahan masif cocok dipakai untuk membuat dinding dan atap. Contohnya pecahan batu yang diisi dengan pasir.

Pintu keluar dan pintu masuk harus terlindung dari lontaran tornado. Pintu masuk dapat dilindungi oleh dinding penahan dengan konstruksi hampir sama dengan konstruksi tempat perlindungan itu sendiri. Jika tidak ada dinding penahan, dapat diganti dengan pintu masif atau pelindung baja yang diletakkan di bagian dalam permukaan dinding.

bawah tanah

Gambar 2. Pintu keluar tempat berlindung tornado yang dilindungi oleh dinding penahan.

Perlengkapan dan kebutuhan pokok selama di tempat perlindungan juga perlu disiapkan. Hal-hal yang perlu disiapkan adalah persediaan makanan dan air selama 2 hari, penerangan dan listrik dengan cadangan baterai, baju hangat, selimut dan tempat tidur, kotak P3K beserta isinya, dan sarana MCK. 

Disarikan dari berbagai sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: