Mahasiswa Yogya Merajai Kontes Robot di Bandung

Bandung – Ketiga tim dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berhasil merajai seluruh gelar juara dalam ajang kontes robot Ganesha Line Follower Robot (Galelobot) 2009 yang berlangsung di Bandung. Sementara Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai tuan rumah cuma dapat hiburan dengan titel juara desain terbaik.

“Juara pertama tim Groback, juara kedua tim om_hungry, dan kemudian Ice Tea menjadi juara ketiga. Tiga-tiganya dari UGM. Sedangkan juara best design adalah Lilop dari Elektro ITB,” ungkap Humas Galelobot, Mutia Prabawati, kepada detikINET, Sabtu (25/4/2009).

Kompetisi line follower robot adalah kompetisi robot mengikuti alur pita hitam yang telah ditentukan oleh panitia. Yang mencapai garis finish lebih dahulu atau yang paling dekat dengan garis finish dengan waktu tercepat adalah pemenangnya.

“Juara pertama mendapatkan hadiah uang sebanyak Rp 5 juta, juara kedua Rp 3 juta, dan juara ketiga Rp 2 juta. Sedangkan best desain mendapatkan hadiah uang Rp 1 juta,” lanjut Mutia.

Acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika ITB ini berlangsung dari 23-24 April 2009 di Kampus ITB, Jalan Ganesha 10. Ajang ini diikuti oleh 150 tim dari seluruh Indonesia. Tiap tim terdiri dari 2-3 orang.

Adapun kampus yang ikut serta, antara lain, Poltek Medan, Universitas Brawijaya, Politeknik Bandung, ITB, Universitas Diponegoro, UGM, UNJ, Poltek Surabaya, Universitas Maranatha, Institut Pertanian Bogor, Binus, Poltek TEDC dan Unpad.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: