Google Jadi ‘Senjata’ Inggris Perangi Teroris

Keberadaan teroris memang menjadi ancaman bagi negara manapun. Berbagai strategi pun dilakukan untuk memeranginya. Tak hanya dengan senjata dan amunisi, namun juga dengan memanfaatkan raksasa dunia maya, Google.

Hal inilah yang coba dilakukan pemerintah Inggris lewat strategi barunya. Yakni dengan menggandeng Google dan sejumlah situs lainnya.

Ihwal terseretnya Google dalam membantu pemerintah Inggris ini bermula dari gagasan sebuah kantor keamanan di Negeri Ratu Elizabeth itu, Office for Security & Counter Terrorism.

Lembaga ini berencana untuk bekerja dengan situs-situs Islam yang mau diajak kerja sama guna memerangi teroris. Mereka berniat untuk membanjiri jagat maya dengan pandangan-pandangan yang berbeda dengan komunitas pro radikal.

Nah, selanjutnya, situs-situs ini yang akan dipajang pada pencarian Google. Setiap pengguna internet yang memasukkan kata yang sedikit mengarah pada teroris, semisal ‘jihad’, dijamin akan dijauhi dari corong Al Qaeda dan pengikutnya.

Meski begitu, kekhawatiran dari lahirnya strategi ini, muncul dari sebuah studi yang dilakukan International Center for the Study of Radicalization & Political Violence (ICSR).

Dikutip detikINET dari FoxNews, Selasa (14/4/2009), dikhawatirkan hal ini malah akan memicu para pengguna internet yang penasaran untuk menggunakan mesin pencari lain guna menemukan konten-konten yang telah diblokir.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: