Tahukah Anda : “Tikus Pendeteksi Ranjau”

gambian-pouch-rat-tikus-afrika-pendeteksi-ranjau-300x225Buat sebagian orang, tikus adalah hewan yang menjijikan dan sama sekali tidak bermanfaat. Tikus juga menjadi hama dan dimusuhi oleh petani, tapi tau kah anda jika tikus dapat menjadi penyelamat hidup manusia ? bagaimana mungkin ?

Kita ikuti laporannya. Di Mozambique, sebuah negara kecil di benua Afrika . Ranjau darat telah merenggut ribuan nyawa setiap tahunnya, ranjau darat tersebut merupakan sisa/peninggalan perang saudara yang terjadi beberapa tahun lalu. Pemerintah setempat kesulitan secara teknis dan tentu saja keuangan, mengatasi permasalahan ini.

Awalnya mereka menggunakan anjing sebagai pendeteksi ranjau, namun menurut mereka tikus lebih efektif dan mempunyai penciuman yang lebih tajam dibanding anjing. Sesuatu yang mungkin baru pertama kalinya di dunia !

Sejauh ini asumsi mereka terbuktikan .                                                                            

Tikus asli asal Afrika ini dikenal dalam bahasa Inggris-nya  Gambian pouch rat dan latin- nya (Cricetomys gambianus) . Hewan pengerat ini mempunyai pengelihatan yang sangat buruk dan semata-mata hanya mengandalkan penciuman  dan pendengarannya yang sangat tajam.

Berikut ini kisah se-ekor  tikus Afrika yang sudah terlatih, diberi nama Kofi. Dengan penciumannya yang tajam, dia dapat mengendus ranjau dalam radius sekitar 50 meter , dengan berat badan yang hanya sekitar 1,3 Kg , sangat kecil kemungkinan ranjau dapat terpicu (trigger) dan meledak oleh tekanan berat badannya.

Kofi dan tikus pendeteksi ranjau lainnya , dilatih  pada saat berhenti menyusui, atau saat berumur lima minggu. Tikus ini dilatih untuk mengendus (mendeteksi) aroma/bau casing baja sebuah ranjau darat, sebagai hadiah-nya, tikus ini akan mendapatkan makanan, dalam hal Kofi sang pahlawan ini, hadiahnya adalah sebuah alpukat.

Se-ekor tikus pendeteksi ranjau yang sudah terlatih, dengan cekatan akan mengendus ranjau, kemudian duduk dan mengorek tanah tempat lokasi ranjau ditemukan, dan menunggu untuk diberikan makanan sebagai hadiahnya. Setelah itu, seorang ahli demolisi akan akan menghancurkan ranjau tersebut.

gambian-pouch-rat-tikus-afrika-300x288Saat ini ada 30 ekor tikus pendeteksi ranjau yang digunakan di Mozambique untuk membersihkan ranjau darat, sisa peninggalan perang saudara di negara tersebut.

Tikus pendeteksi ranjau ini dapat mensterilkan  ladang ranjau  seluas 100 meter persegi hanya dengan waktu 30 menit, setara dengan dua hari pekerjaan manusia (petugas  penjinak ranjau). Luar biasa !

Sumber : artikelmu.co.cc

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: